Kamis, 26 September 2013

Pengertian Komputer dan Teknologi Informasi


Pengertian Komputer

Menurut buku Computer Annual ( Robert H. Blissner ), komputer adalah suatu alat electronik yg mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut ;
  • menerima input 
  • memproses imput
  • menyimpan perintah 
  • menyediakan output dalam bentuk informasi

Menurut buku Computer Today  (Donald H. Sanders ), komputer adalah sistem electronik yg memanipulasi data yg cepat dan tetap serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data imput, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yg tersimpan di memory.

Menurut buku Computer Organization (  V.C Hamacher, Z.G. Vranesic. S.G. Zaky ), komputer adalah mesin penghitung electronik yg cepat dapat menerima informasi input digital. Memprosesnya sesuai dengan suatu program yg tersimpan dimemorinya dan menghasilkan output informasi.

Menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Business ( Williams M. Fuori ), komputer adalah suatu pemproses data yg dapat melakukan penghitungan yg besar dan cepat. Termasuk perhitungan aritmatika yg besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemprosesan.

Menurut buku Introduction To Computer ( Gordon B. Davis ), komputer adalah tipe khusus alat penghitung yg mempunyai sifat tertentu yg pasti.

Menurut Oxford Dictionary, komputer adalah perangkat elektronik untuk menyimpan dan menganalisis informasi dimasukkan ke dalamnya, untuk menghitung, atau untuk mengendalikan mesin otomatis. (an electronic device for storing and analyzing information fed into it, for calculating, or for controlling machinery automatically)

Pengertian Teknologi Informasi

Menurut kamus Oxford (1995) Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar.

Menurut Lucas (2000) Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis.

Menurut Haag dan Keen (1906), teknologi informasi adalah seperangkat alat yang digunakan untuk membantu tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan data.

Menurut Martin (1999), teknologi tak hanya terbatas pada teknologi komputer (hardware dan software)yang digunakan dalam pemprosesan informasi, melainkan mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.

Menurut Williams dan Sawyer (2003), teknologi informasi adalah penggabungan komputasi yaitu komputer dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar