Selasa, 01 Oktober 2013

Cara Mengaplikasikan VirtualBox

Sebelum saya membahas cara mengaplikasikan VirtualBox, saya akan membahas definisinya terlebih dahulu. Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama". Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows.
Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada. Aplikasi dengan fungsi sejenis VirtualBox lainnya adalah VMware dan Microsoft Virtual PC.
Sistem operasi yang dapat menjalankannya antara lain Linux, Mac OS X, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Solaris, dan OpenSolaris.
Cara mengaplikasikan VirtualBox:
·       Klik dua kali shortcut “ Virtual Box”
·       Klik tombol new, maka akan tampil
Name             :
Type                : Microsoft windows
Version           : Windows 7
Isilah nama anda, setelah itu klik next.
  •   Kemudian akan muncul  “memory size” isilah memory dengan mengambil setengah dari memory komputer asli. Jika telah selesai, klik Next
  Kemudian akan muncul creat, lalu klik next
  Muncul “hard drive file type”, lalu klik create
  Muncul “storage on physical hard drive”, pilihlah VDI (Virtual Disk Image). Lalu klik next
  Muncul “file location and size”, tekan create
  Kemudian muncul home virtual box lagi
  Klik kanan windows yang akan diinstal
  Klik setting, klik storage untuk media penyimpanan, klik tanda ++ yang sebelah kiri, klik choose disk, klik open, dan yang terakhir klik ok.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar