Selasa, 01 Oktober 2013

Cara Menginstal Windows 7



Assalamualaikum, kali ini saya akan membagi pengetahuan saya tentang cara menginstal Wndows 7.
Yang pertama, masukkan DVD windows 7 atau colokkan flashdisk windows 7 kita, dan kemudian booting lah memakai media yang telah kita pilih, lalu proses loading file akan dimulai.
Setelah itu, akan muncul seperti pada gambar
Tidak perlu diubah, langsung klik next. Setelah itu klik Instal Now.

Kemudian akan muncul Set Up Is Starting, lalu muncul Select the Operating System You Want to Instal. Muncul pilihan antara x86 dan x64. Kita memilih x86.
Note:
Perbedaan dari Windows7 x86 (32bit) dengan windows7 x64 (64 bit), yaitu:
  • Windows7 x64 (64 bit) memiliki kemampuan yang lebih besar untuk menjalankan aplikasi berat dibandingkan x86(32 bit) cocok untuk pekerjaan yang membutuhkan RAM yang besar seperti Desain Grafis, atau untuk para Gamer.
  • Windows 7 x64 (64 bit) akan memberikan performa yang lebih baik dan maksimal dibandingkan windows 7 x86(32 bit). windows 7 x64 (64 bit) mendukung upgrade memory sampai 193 GB, sedangkan windows 7 32-bit hanya sampai 3GB. 
  • Kelebihan windows 7 x64 dibandingkan dengan x86 , windows 7 x64 bisa dipasang aplikasi atau software dengan System type untuk x86.
Setelah itu, akan muncul Please read the lisence term.
Centang I accept the license terms, lalu klik next. Kemudian akan muncul What type of instalation do you want?.
Klik Custom (advanced). Setelah itu akan muncul seperti pada gambar dibawah ini.
Pada tahap ini, anda harus memilih salah satu dari dua pilihan:
1. Instal Windows di seluruh ruang disk yang tersedia
2. Membuat partisi pada hard disk (dua atau lebih partisi), dan instal Windows di salah satu dari partisi yang anda buat.

Jika Anda memilih pilihan pertama, maka anda cukup klik "Next". Maka program setup akan membuat sebuah partisi (satu partisi) pada seluruh hard disk dan memformatnya dengan sistem NTFS. Selanjutnya instal Windows akan dilakukan di satu partisi itu.

Namun, jika anda memilih pilihan kedua, anda dapat membuat partisi sesuai keinginan anda. Klik pada " Drive options (advanced)". Layar akan berubah dan menampilkan beberapa tombol baru:

New - Untuk membuat partisi baru.
Delete - Untuk menghapus partisi tertentu – berakibat pada semua data dalam partisi tersebut akan terhapus! (Agar kerugian tidak terjadi semua data diamankan dulu).
Format - Untuk memformat partisi tertentu – berakibat pada semua data dalam partisi tersebut akan terhapus!
Extend - Untuk memperluas ruang sebuah partisi, dan untuk menambah luas partisi pada lebih dari satu disk. Hal ini berguna apabila anda kehabisan ruang pada hard disk, dan membawa anda ke dalam hard disk baru yang ingin anda gunakan. Meskipun ini bermanfaat dalam beberapa kasus, tapi mungkin saja akan dapat menyebabkan masalah. Jika sesuatu terjadi pada salah satu disk, semua data dalam partisi itu akan rusak, dan kerugian data dapat terjadi.
Selanjutnya untuk membuat partisi baru klik " New ". Pada kotak "Size", masukkan ukuran partisi baru, misalnya 25 GB (25000 MB). Adapun sisanya dibuat partisi sebagai penyimpan data. Selanjutnya, klik " Apply ".
Sekarang anda dapat menyaksikan dan melihat partisi yang anda buat. Untuk menginstal windows, kita harus memilih partisi yang bertipe primary. Lalu klik Next.
Note:
Jenis-jenis partisi
  • Primary Partition
    Primary partition adalah partisi utama yang digunakan untuk menyimpan sistem operasi. Dalam sebuah primary partition hanya boleh terdapat satu sistem operasi. Jumlah maksimum primary partition adalah 4 partisi.
    Sehingga, kita dapat menginstal maksimum 4 sistem operasi, dalam sebuah harddisk.
  • Extended Partition
    Dalam sebuah harddisk extended partition hanya dapat dibuat 1 partisi. Namun sebuah extended partition didalam sistem operasi Windows dapat dibagi lagi menjadi beberapa logical partition dan setiap partisi dapat dibuatkan drive letter tersendiri.
  • Logical Partition
    Sebagaimana telah disebutkan diatas, logical partition adalah partisi yang berada didalam extended partition, dan jumlahnya dapat lebih dari 4 partisi. Bahkan dalam sebuah tes, dalam sebuah extended partition dapat dibuat lebih dari 347 logical partition.
Tipe-tipe partisi Windows
  • FAT12 / FAT16
    File Allocation Table (FAT) 12 dan 16 diperkenalkan Windows pada awal perkembangannya. FAT12/FAT16 memiliki banyak kelemahan seperti keterbatasan penamaan file, dan ekstensi maksimum file yang didukung hanya 3 digit (seperti .exe) .  Besar maksimal partisinya hanya 2 Gb.
  • FAT32
    FAT32 menyempurnakan dan menghilangkan keterbatasan pada versi FAT sebelumnya.
  • exFAT
    exFAT juga dikenal dengan istilah FAT64. exFAT juga merupakan penyempurnaan FAT dengan fitur tambahan yang diambil dari NTFS. exFAT didukung penggunaannya oleh Windows generasi terbaru seperti Windows 2003, Windows Vista, Windows 2008, dan Windows 7. exFAt juga dapat digunakan pada XP dengan menambahkan patch
    KB955704.
  • NTFS
    New Technology File System (NTFS) diperkenalkan sejak rilis perdana Windows NT. NTFS dilengkapi dengan banyak fitur seperti kompresi file, attribute indexing, enkripsi, sistem kuota, dan lain-lain.









Sekarang akan dimulai menginstal Windows 7.  
Setelah menunggu lama, aka ada gambar seperti di bawah ini.
Ketik nama pengguna yang Anda inginkan dalam kotak-teks dan klik Next. Nama komputer akan otomatis terisi. Lalu klik Next.
Jika Anda ingin mengatur sandi, ketik di kotak teks dan klik Next.
Setelah itu pilih Ask me later.
Setelah itu pilih zona waktu yang diinginkan anda. Jika telah selesai, klik Next.
Setelah itu, akan muncul seperti gambar di bawah ini.
Pilihlah Home Network jika yang di instal adalah komputer yang ada di rumah.
Pilihlah Work Netwok jika yang di install adalah komputer yang ada pada kantor atau tempat belajar.
Pilihlah Public Network jika yang di install adalah laptop karena bisa dibawa kemana-mana.
Setelah memilih diantara opsi yang di atas, maka akan terjadi proses penginstalan. Setelah itu komputer Windows7 siap untuk digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar