Mail merge atau surat masal adalah salah satu fasilitas di Ms Word untuk mempermudah
user melakukan pekerjaan dengan hanya membuat satu format surat namun dengan
berbagai tujuan alamat dan nama yang berbeda. Tentu hal ini akan sangat
mempermudah sekali pekerjaan kita. Kita tidak perlu lagi mengetik satu persatu
tujuan dan nama alamat yang dituju, cukup hanya dengan mengetik daftar nama
serta alamat yang dikehendaki maka nama, alamat yang dibuat akan langsung
bergabung atau merger dengan format surat tadi.
Tidak hanya format surat saja kegunaan mail merge ini, Jika
kita mengetik dengan format yang sama atau blanko formulir yang sama namun
dengan isian yang berbeda, maka mail merge lah solusinya. Cukup buat format
blangko, formulir, atau undangan yang dikehendaki dan membuat daftar isian
formulir, maka sudah cukup. Hasilnya, setiap isian dari formulir tersebut akan
silih berganti sesuai dengan daftar yang telah dibuat. Kali ini saya akan
membahas tutorial membuat undangan dengan menggunakan mail merge.
1.
Buat data source Nama
dan NIM di Excel seperti contoh di bawah ini dan simpan dengan
nama Nama Teman Kelas.
Ketika menuliskan NIM
teman anda, maka tidak akan muncul NIM seperti yang seharusnya, maka hal
tersebut bisa diubah dengan:
a.
Klik kanan pada kolom yang ingin diubah, kemudian klik Format Cell.
b.
Lalu akan klik Number dengan
mengubah decimal places menjadi 0. Kemudian klik OK.
2.
Buat dokumen undangan di Word seperti
contoh di bawah ini dan simpan dengan nama Undangan. Beri jarak
untuk menaruh nama dan NIM teman kalian.
Dokumen ini jangan ditutup karena kita akan lanjutkan ke langkah berikut: menggabungkan Data Source dengan Dokumen Master.
Dokumen ini jangan ditutup karena kita akan lanjutkan ke langkah berikut: menggabungkan Data Source dengan Dokumen Master.
3.
Pada Mailings tab, grup
Start Mail Merge, klik Start Mail Merge.
Kemudian klik Normal Word Document.
4.
Selanjutnya
kita akan memilih data source.
5.
Pada
Mailings tab, klik Select Recipients.
6.
Pilih
Use Existing List, dan cari lokasi dokumen (Nama Teman Kelas)
pada kotak dialog Select Data Source. Kemudian klik Open untuk
menampilkan kotak dialog Select Table.
7.
Pada
kotak dialog Select Table, klik lembar kerja yang berisi sumber data dan
pastikan kotak First row of data contains column headers dicentang.
Kemudian klik OK.
8.
Sekarang
kita akan menempatkan data pada masing-masing tempatnya.
9.
Taruh
di kursor di bawah tulisan Untuk Temanku, kemudian pada Mailings
tab, grup Write & Insert Fields, klik Insert Merge Field dan
pilih Nama.
10. Lakukan juga hal yang sama pada NIM
dan sekarang tampilan dokumen akan seperti contoh di bawah ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar