Selasa, 22 Oktober 2013

Fungsi Hardware dan Perbedaan Spesifikasi Hardware antara 2 Laptop


Assalamualaikum para pembaca yang baik, kali ini saya akan membahas tentang fungsi hardware juga definisinya. Semoga postingannya bermanfaat yah. Amin :)

PROCESSOR

PENGERTIAN PROCESSOR

Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer.
Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.

FUNGSI PROCESSOR

Fungsi Processor dalam komponen komputer sangat penting sekali, karena processor merupakan pusat pengendali dan memproses kerja sebuah komputer. Processor sendiri pada umumya hanya berfungsi untuk untuk memproses data yang di terima dari masukan atau input, kemudian akan menghasilkan keluaran atau output.

CHIPSET PROCESSOR

Chipset adalah kumpulan microchip yang terdapat pada motherboard yang dirancang untuk bekerja sama untuk melakukan fungsi tertentu. Fungsi umum chipset adalah mengatur aliran data antar komponen yang terpasang pada motherboard. Fungsi lain chipset adalah menganaliasai dan mengkonfigurasi selulruh peralatan tambahan
            Sebuah chipset mengarahkan data dari CPU ke Chipset. Sedangkan Chipset dibagi menjadi dua bagian komponen utama yaitu, Northbridge dan Southbridge. Northbridge mengatur Chace memori, Memori Utama, Host Bus dan Slot PCI ekspansi. Sedangkan Soutbridge mengatur ISA Bus, dan menjembatani antara ISA Bus dan PCI Bus, mengatur dan mengontrol I/O port dan slot IDE. Chipset juga menentukan kecepatan dari front-side bus, bus memory dan bus grafis, serta kapasitikipeas dan tipe memori yang di dukung motherboard. Selain itu pula, chipset mengarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port I/O serta menentukan standar IDE juga tipe port yang didukung oleh sistem.

SOCKET PROCESSOR

Soket Prosesor. Soket ini merupakan tempat dimana prosesor dipasang. Jenis soket menentukan   prosesor apa yang bisa dipasang pada soket tersebut. Jadi soket tertentu hanya bisa dipasang prosesor tertentu saja.
Fungsi dari socket diantaranya:
  1. Memudahkan mengganti processor sesuai jenis socket
  2. Mengunci processor agar tidak mudah goyang
  3. Menghubungkan antara PCB (motherboard) dengan Processor

SPEED PROCESSOR

Kecepatan processor berhubungan dengan setiap mikroprosesor berisi sebuah sistem clock, yang bertugas mengontol kecepatan semua operasi dalam komputer. Clock speed adalah ukuran dari seberapa besar kecepatan komputer menyelesaikan perhitungan dasar dan operasi. Ini diukur sebagai dalam frekuensi `hertz, dan paling sering mengacu pada kecepatan CPU komputer, atau Central Processing Unit. Clock speed merupakan frekuensi kecepatan tindakan yang sangat tinggi, satuannya adalah megahertz dan gigahertz. 1 megahertz artinya satu-juta siklus per detik, sementara gigahertz adalah satu-milyar siklus per detik. Jadi komputer dengan kecepatan clock 800MHz berjalan 800.000.000 siklus per detik, sedangkan komputer 2.4GHz berjalan 2.400.000.000 siklus per detik.
Sistem clock menggunakan getaran yang stabil dari kristal quartz yang bisa memberikan detak digital atau “tick” bagi CPU. “Detak digital” inilah yamng dinamakan cycle. Angka clock speed yang lebih tinggi berarti pemrosesan data dan intruksi program juga dilaksanakan semakin cepat, sepanjang sirkuit internal komputer mampu menagani peningkatan kecepatan tersebut.

MEMORY/RAM

DEFINISI RAM

Memori (atau lebih tepat disebut memori fisik) merupakan istilah generik yang merujuk pada media penyimpanan data sementara pada komputer. Setiap program dan data yang sedang diproses oleh prosesor akan disimpan di dalam memori fisik. Data yang disimpan dalam memori fisik bersifat sementara, karena data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan selama komputer tersebut masih dialiri daya (dengan kata lain, komputer itu masih hidup). Ketika komputer itu direset atau dimatikan, data yang disimpan dalam memori fisik akan hilang.
            Random access memory, RAM adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

FUNGSI RAM

Fungsi dari RAM dalam sebuah komputer adalah sebagai sebuah perangkat atau media yang mempunyai fungsi untuk menyimpan data sementara pada sebuah komputer. Jadi, memori ini memang difungsikan untuk menyimpan data sementara agar ketika komputer sedang bekerja, komputer tidak perlu mengakses terus menerus ke hardisk ketika mengolah data dan mencari data. Nah, inilah alasannya mengapa ketika kapasitas memory semakin besar, maka kinerja komputer akan menjadi lebih cepat.

CHIPSET RAM

Mengontrol input dan output(masukan dan keluaran) yang mendasar pada komputer. lebih jelasnya bahwa chipset yang terdapat pada motherboard berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu komonen ke komponen lainnya. misalnya, mengarahkan data dari CPU (processor) menuju kartu grafis (video card) atau ke sistem memory ( RAM), serta mangarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port I/O. Pada kasus ini , dapat di ibaratkan bahwa chipset seakan-akan berfungsi sebagai ‘polisi lalu lintas’ pengatur aliran data pada motherboard di sebuah PC (personal komputer) .

RAM SPEED

RAM pada system desktop masa kini telah berada pada level teknologi DDR3 ber-kecepatan yang lebih dari 6 kali lipat dari teknologi awal DDR (1). RAM DDR3 ini diawali dari kecepatan 1066MHz dan tersedia luas di pasaran mulai 1333MHz. Pada level RAM yang diperuntukkan gaming dan extreme perfomance biasa dijumpai dengan kecepatan 1600MHz hingga 2400MHz. Nah, DDR (1) punya kecepatan maksimal di 400MHz; DDR3 2400MHz menjadi 6x lipat kecepatan awal teknologi DDR.
RAM speed ini dispesifikasikan secara standard menggunakan satuan PC, yang sering kita jumpai pada produk retail RAM. Adapun rating PC itu adalah 8x dari kecepatan RAM, atau apabila kita menemukan RAM spesifikasi PC12800 itu sama saja dengan 12800/8 = 1600MHz.

MOTHERBOARD

Motherboad adalah papan utama atau papn sirkuit yang berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen pada komputer. Motherboard yaitu papan PCB yang mempunyai jalur-jalur sistematik yang menghubungkan satu komponen dengan komponen lainnya.

Fungsi Motherboard dalam komputer sangat penting, karena motherboard merupakan tempat untuk meletakan komponen-komponen yang berfungsi pada komputer. Di antaranya adalah mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen komputer. Motherboard juga mengatur semua jalannya proses, mulai dari penyimpanan data seperti Hardisk, CD-ROM, keyboard, mouse dan printer.

FUNGSI CHIPSET PADA MOTHERBOARD

Fungsi chipset pada motherboard tidak sama dengan chipset pada kartu-kartu ekspansi. Begitu pula fungsi chipset pada peralatan komputer lainnya. Masing-masing memiliki fungsi sendiri yang bersifat spesifik. Chipset sebenarnya tidak selalu terdiri dari sekumpulan IC atau sekumpulan chip, kadang-kadang dijumpai hanya terdiri dari sebuah chip saja.
Chipset yang biasa terdapat pada motherboard berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu komponen ke komponen lainnya. Misalnya mengarahkan data dari CPU (prosesor) menuju kartu grafis (video card) atau ke sistem memori (RAM), serta mengarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port I/O. Pada kasus ini, dapat diibaratkan bahwa chipset seakan-akan berfungsi sebagai “polisi lalu lintas” pengatur aliran data pada motherboard di sebuah PC (Personal Computer).

SLOT

Slot adalah bagian dalam sebuah sistem komputer yang sangat umum dan selalu tersedia. Slot ini berguna sebagai tempat untuk meletakkan atau memasang peralatan tambahan bagi komputer Anda. Slot menurut kebutuhan dan kemampuannya telah dibeda-bedakan, disesuaikan dengan kebutuhan dari sistem itu sendiri.

SOUTHBRIDGE

Southbridge adalah bagian dari chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan Plug and Play, menjembatani PCI dan Isa, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power management dan sejumlah perangkat lainnya.
Southbridge berhubungan dengan pheriperal, melalui jalur penghubung yang kecepatannya (kecepatan bus) lebih lambat (misalnya bus PCI dan bus ISA) dibandingkan jalur penghubung yang digunakan oleh northbridge. Pada beberapa chipset modern, southbridge sebenarnya mengandung (memuat) pheripheral yang terintegrasi pada chip, seperti ethernet, USB, dan audio.

HARD DRIVE

Hard drive adalah sebuah peranti penyimpanan (storage) yang merekam data secara cepat menjadi pulsa magnetik pada sebuah platter/disk metal yang berputar.

FUNGSI

Hard drive menyediakan penyimpanan data dimana semua komputer modern membutuhkannya. Sebuah hard drive menyimpan informasi dengan menempatkan sebuah medan magnetik melalui permukaan sebuah disk berlapis material bermagnet yang bergerak berputar.

NETWORK CARD

Kartu jaringan (network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.
Network Interface Card (NIC) atau Kartu Jaringan memiliki dua fungsi utama , yaitu: sebagai peranti yang menyambungkan kabel jaringan dengan komputer dan peranti yang menyediakan pengalamatan secara fisik. Artinya kartu jaringan memiliki kode tertentu yang unik.

CHIPSET

Sebuah chipset mengarahkan data dari CPU ke Chipset, mengatur Chace memori, Memori Utama, Host Bus dan Slot PCI ekspansi, mengatur ISA Bus, dan menjembatani antara ISA Bus dan PCI Bus, mengatur dan mengontrol I/O port dan slot IDE, menentukan kecepatan dari front-side bus, bus memory dan bus grafis, serta kapasitas dan tipe memori yang di dukung motherboard. Selain itu pula, chipset mengarahkan aliran data melalui bus PCIdrive IDE dan port I/O serta menentukan standar IDE juga tipe port yang didukung oleh sistem.

GRAPHICS

Sebuah kartu grafis, biasa disebut adapter grafis, kartu video atau grafis akselerator, adalah komponen komputer yang mengubah data digital ke dalam bentuk grafis yang dapat ditampilkan pada monitor.
Peran awal dari sebuah kartu grafis adalah mengirim piksel ke layar, serta berbagai dan manipulasi grafis sederhana:
  •      Pindah blok (seperti kursor mouse);
  •      ray tracing;
  •      menelusuri poligon;
  •      dll
Kartu grafis yang baru sekarang memiliki prosesor yang dibangun untuk menangani grafis 3D  dengan tampilan yang kompleks.

PERIPHERAL

Peripheral adalah hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat peripheral wireless. Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing.
1. Peripheral utama (main peripheral)
Yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh periferal utama yaitu: monitor, keyboard dan mouse.
2. Peripheral pendukung (auxillary peripheral)
Yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu. Contohnya yaitu: printer, scanner, modem, web cam dan lain-lain.
Sedangkan berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian komputer terbagi menjadi:
1. Perangkat masukan (input)
Adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat tersebut antara lain keyboard, mouse, scanner, digitizer, kamera digital, microphone, dan periferal lainnya
2. Perangkat keluaran (output)
Adalah peralatan yang kita gunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer. Perangkat tersebut antara lain monitor, printer, plotter, speaker, dan lain lainnya.

Referensi:
http://www.mediatama.net/content/13-Mengenal-Peripheral-Komputer
http://dunovteck.wordpress.com/2011/08/09/vga-card-graphics-card/ 


Perbedaan Spesifikasi Hardware antara 2 Laptop 

PERBANDINGAN LAPTOP
Pembanding
Laptop Toshiba Satellite L645
Laptop Toshiba Satellite L510
Processors / CPU
Chipset: Intel Core i3-370M
Socket: Socket G1
Stock Core Speed: 2400 MHz
Stock Bus Speed: 133 MHz
Intel mobile core 2 duo
Soket p (478)
2100 MHz
200 MHz
Memory / RAM
Type: DDR3
Size: 2048 Mbytes
Memory slot: 2
Total Virtual: 3.73 GB
DDR3
2048 Mbytes
2
4,00 GB
Motherboard
Chipset Vendor: Intel
Chipset Model: Vavendale/Clark Host Bridge
Chipset Revision: 02
Slot: PCI
Southbridge Vendor: Intel
Southbridge Model: HM55
Southbridge Revision: 05
Intel
GM 45/ GM 47

07
PCI
Intel
82801IM (ICH9-M)
03
Hard drive
Manufacturer: Western Digital
SATA Type: SATA-II 3.0Gb/s
Device Type: Fixed
Speed: 5400 RPM
Hitachi
SATA-II 3.0Gb/s
Fixed
5400 RPM
Network card
Wireless LAN Driver
Wireless LAN Driver
Graphics
Name in Monitor: Generic PnP Monitor on Intel HD Graphics
Intel Graphics Media Accelerator (GMA) 4500M
Peripheral
Standard PS/2 Keyboard
Synaptics PS/2 Port TouchPad
USB Video Device
Disk drive
Disk drive
Printers:
Fax
Microsoft XPS Document Writer
Standard PS/2 Keyboard
PS/2 Port  TouchPad
USB Video Device
Disk drive
Disk drive
Printers :
Fax
Microsoft XPS Document Writer
Kesimpulan:
Dari perbandingan laptop diatas, dapat diketahui bahwa laptop Toshiba Satellite L645 lebih unggul dari pada laptop Toshiba Satellite L510. Karena, dilihat dari processor yang digunakan pada laptop tersebut. Laptop Toshiba Satellite L645 menggunakan processor core-i3 sedangkan laptop Toshiba Satellite L510 mmenggunakan processor core 2 duo. Keunggulan processor core i3 tersebut dikarenakan adanya 4 theads di 2 core -nya, serta adanya Hyper-threading Technology.
Meski tidak dilengkapi Turbo boost, performa Core i3 tetap memikat. Hyper-threading membuat kemampuannya dapat dipakai secara maksimal. VGA-nya pun sudah lebih dapat diandalkan dibandingkan VGA onboard terdahulu. Core i3 adalah pilihan yang jauh lebih unggull dibandingkan Core2 Duo bagi yang menginginkan perfoma dari arsitektur terbaik intel. Core i3 memiliki 4 inti processor, yang artinya bisa mengerjakan 4 kerja komputer sekaligus karena dengan menggunakan Core i3 sama dengan menggunakan 4 komputer dalam satu mesin. Selain itu ada teknologi Turbo Boost, untuk meningkatkan kerja komputer tanpa perlu menggunakan Over clock. Dengan menggunakan Intel Core i3, penggunaan listrik jadi lebih hemat, karena Processor ini secara otomatis menggunakan watt yang lebih sedikit dibandingkan processor sebelumnya dan mengatur penggunaan energi untuk komputer sehingga lebih hemat listrik.

Referensi:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar